CAKR5JJC77UFDAKT4IFG
 
  • Lce Medan

MEMULAI USAHA DENGAN IDE GILA

Updated: Sep 25, 2020

IDE GILA STEVE JOBS YANG MENGUBAH DUNIA


Steve Jobs adalah salah satu penemu dan pengusaha yang paling dihormati di dunia teknologi bahkan sampai saat ini. Semua bermula ketika dia mendirikan Apple bersama sahabatnya yaitu Steve Wozniak pada tahun 1976. Di garasi orang tua Steve Jobs segala sesuatu terjadi dan petualangan mereka dimulai. Bersama Steve Wozniak, Steve Jobs menciptakan komputer pertama Apple yang dinamai dengan Apple 1. Lalu komputer Apple 2 yang diproduksi berikutnya terjual sebanyak 2 juta unit yang mengubah hidup dan ekonomi Steve Job dalam waktu singkat. Tidak hanya pendapatannya yang melonjak drastis, tetapi Steve Jobs tiba-tiba menjadi terkenal dengan komputer yang mereka produksi.

Singkat cerita, tahun 1985, Steve Jobs merekrut CEO yang lebih berpengalaman untuk mengelola Apple dengan lebih professional. Tidak disangka CEO ini akhirnya memecat Steve Job dari perusahaan yang didirikannya sendiri. Aneh bin ajaib memang, tetapi hal itu mungkin untuk terjadi.

Akhir cerita, seperti kebanyakan kita tahu, bahwa Steve Jobs kembali ke Apple dan memimpin Apple untuk kedua kalinya. Pada saat kepemimpinan yang kedua ini, Steve Jobs dengan Apple menghasilkan produk dan teknologi yang bisa dikatakan mengguncang dunia. Mereka menciptakan beberapa produk yang sampai sekarang masih diminati dan kuat di pasar seperti: iMac, iPod, iPad, dan iPhone.

Dunia berterima kasih kepada Steve Jobs dengan ide dan penemuannya yang sangat fenomenal dan sudah mengubah dunia telekomunikasi dan sosial media. Cerita kesuksesan Steve Jobs bukanlah dongeng atau cerita rakyat yang dimaksudkan untuk sekedar menghibur pendengarnya. Steve Jobs dan apa yang dicapainya adalah fakta, bukan fiksi.

Apa rahasia yang mengantarkan Steve Jobs sampai pada pencapaian tersebut? Kalau kita bertanya langsung kepada dia, mungkin dia akan mengatakan banyak hal kepada kita.


IDE GILA

Steve Jobs memiliki ide gila dan semua kesuksesannya dimulai dengan ide gila. Ide gila adalah sebutan yang menunjukkan betapa ide tersebut keluar dari kebiasaan yang ada. Tidak umum dan tidak biasa.

Apa yang diinginkan oleh Steve Jobs dan temannya adalah sebuah teknologi yang mampu menolong manusia dan memudahkan banyak pekerjaan baik itu di kantor ataupun di lapangan.

Seperti kebiasaan manusia di mana-mana, ketika seseorang di sekitar kita melakukan sesuatu yang berbeda dari kebiasaan, maka kita cenderung mempertanyakan atau curiga bercampur skeptis dengan orang yang berbeda tersebut. Inilah yang menjadi ciri penting dari seorang pengusaha, berani tampil berbeda dan melakukan sesuatu yang dianggap abnormal.

Semua selalu dimulai dengan ide, dan ide yang paling menjanjikan adalah ide yang gila atau ide yang keluar dari kebiasaan. Mengapa?

Manusia adalah makhluk yang sangat dinamis dan adaptif. Dua sifat ini sudah menjadi sifat manusia sejak pertama. Sifat dinamis manusia terlihat dari kemajuan peradaban yang terus bergerak ke arah yang kadang-kadang kita sendiri tidak bisa prediksi. Manusia sangat mudah bosan dan ketika kita sudah bosan, maka manusia mencari tantangan baru. Otak manusia selalu penasaran dengan berbagai hal dan memiliki daya imaginasi yang tinggi.

Imaginasi adalah anugerah yang diberikan kepada manusia yang terbukti menghasilkan, listrik, mobil, sepeda, pesawat, nuklir, komputer dan bahkan hal-hal lebih sederhana seperti sekolah, universitas, kafe, hotel, dan pasar swalayan.

Imaginasi menghasilkan visi, dan visi yang semakin matang akan menghasilkan produk dan jasa yang diawali lewat “ide gila”.

Gojek, Grab, dan Uber juga dianggap sebagai ide gila dan tidak masuk akal, tetapi sekarang sudah mengubah wajah transportasi dunia.

Convenience store seperti Indomaret dan Alfamidi juga dianggap ide yang tidak biasa dan dikuatirkan tidak akan bertahan dalam konteks pasar Indonesia.

Disney juga memiliki ide gila yang pada masanya dianggap tidak mungkin laku atau tidak mungkin diwujudkan.

KFC, Ayam geprek, dan aneka makanan cepat saji lainnya juga dianggap gila

Facebook, WhatsApp, Instagram, Tiktok dan semua Platform Social Media juga diawali dengan ide yang dianggap aneh.. dan masih banyak lagi

Singkatnya, kalau Anda mau menjadi pengusaha yang sukses, maka Anda harus memiliki ide gila yang berasal kebebasan Anda berimaginasi. Kebutuhan manusia akan terus dinamis dan berkembang selama masih ada dunia dan kehidupan. Jangan takut untuk memiliki ide bahkan walaupun orang lain menganggap Anda sudah gila. Karena kalau ide gila tersebut Anda tuangkan dalam rencana yang masuk akal, maka Anda pasti bisa merealisasikan ide gila Anda menjadi produk atau jasa yang hebat.

Selamat menghasilkan ide-ide gila yang akan mengubah dunia Anda!!!

Philip Galung, S.E.

43 views0 comments

Recent Posts

See All