CAKR5JJC77UFDAKT4IFG
 
  • Lce Medan

TIPS SUKSES DALAM MEMULAI USAHA



“Maksud hati meraih mimpi, yang terjadi menjaring angin”


Semua orang pasti punya mimpi untuk sukses dalam hidupnya, termasuk di dalamnya para pengusaha. Tidak ada pengusaha ketika dia memulai usahanya, bermimpi untuk gagal - kalau ada, kita bisa menyebut hal itu konyol.

Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah usaha gagal ataupun sukses. Yang paling sering dibicarakan dan dikeluhkan orang-orang adalah soal minimnya modal atau kondisi keuangan yang tipis. Anggapan di masyarakat umum mengatakan bahwa tanpa uang, usaha tidak bisa terjadi! Hal ini tidaklah benar.

Uang memang memiliki peran penting dalam berjalannya sebuah usaha, tetapi jangan salah, uang bukanlah penggerak utama usaha. Ibaratnya sebuah mobil, uang bisa disamakan dengan roda. Tanpa roda maka, mobil tidak akan bisa berjalan.

Sayangnya ada satu komponen mobil yang sering dilupakan oleh orang-orang. Hal itu adalah mesin, mesin adalah inti dari sebuah mobil, tanpa mesin maka mobil tidak bisa hidup dan menggerakkan roda untuk berjalan.

Jadi, dengan apakah kita ibaratkan mesin dalam dunia usaha? Mesin sama dengan ide dan nilai-nilai usaha, atau core (inti) dari usaha tersebut. Tanpa ide dan nilai-nilai dari sebuah usaha, maka tidak akan ada yang bisa menggerakkan usaha tersebut untuk hidup dan berjalan, seperti mesin mobil tadi.

Jadi kalau Anda mau usaha yang Anda kerjakan bisa berjalan terus dan maju, maka pastikan ide dan nilai-nilai usaha Anda baik dan sehat dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Ide yang baik dan sehat akan mampu mendorong usaha supaya terus maju. Ide merupakan modal utama dalam memulai usaha, itu kenapa banyak usaha tutup sebelum mengalami keuntungan karena ide yang kurang baik.



Berikut beberapa alasan kenapa ide itu penting dalam berusaha:

1. Ide adalah roh atau semangat usaha

Selama ide itu masih relevan dengan kebutuhan pasar, maka ide tersebut masih bisa dijual dan masih ada orang yang mau membelinya. Artinya usaha akan tetap hidup. Pikirkanlah sebuah ide usaha yang sulit untuk ditolak oleh masyarakat. Pikirkanlah ide usaha yang merupakan kebutuhan masyarakat atau yang akan menjadi kebutuhan masyarakat di masa depan.

2. Ide adalah wajah perusahaan dan menjadi pondasi utama bagi perusahaan dalam membangun brandingnya. Tanpa ide yang kuat, maka akan sulit membangun sebuah branding. Banyak pelanggan tidak bisa move on dari satu produk karena kuatnya ide dari perusahaan tersebut. Contonya: Starbuck. Walaupun harganya mahal, orang tetap mencari starbuck dan bangga kalau bisa menikmati kopi di starbuck.

3. Ide adalah produk atau jasa yang akan Anda jual, ide penting sekali dalam kelangsungan sebuah usaha. Yang Anda jual adalah ide yang melekat di jasa atau barang Anda. Karena itu, pastikan bahwa ide Anda memang melekat dalam produk Anda dan sulit untuk dilupakan oleh pelanggan (memberi kesan yang dalam). Banyak orang di kota-kota besar saat ini sedang kecanduan dengan bisnis kafe yang menawarkan suasana dan makanan sekaligus. Kecenderungan masyarakat Indonesia adalah meniru apa yang sudah ada. Hal ini sangat disayangkan karena tidak semua ide yang sudah sukses bisa diduplikasi dengan berharap akan sukses juga. Ada banyak faktor yang melekat pada ide tersebut sehingga ide tersebut berhasil menjadi sebuah produk dan jasa yang sukses. Misalnya geografi, jumlah penduduk, cita rasa, packing, kedekatan sosial dan identitas atau bahkan produk sejenis yang sudah ada sebelumnya.

4. Ide lebih utama dari uang, karena dalam menciptakan produk, uang tidak berguna tanpa ide. Banyak usaha tutup sebelum menghasilkan untung karena ide yang asal-asalan dan tidak visioner. Karena itu, memikirkan usaha dengan pelan-pelan dan merencanakannya dengan teliti sangat penting supaya usaha bisa berakar dan bertahan lama. Kalau Anda punya uang, tetapi tidak ada ide usaha, maka tidak akan ada usaha yang terjadi. Sebaliknya, kalau Anda punya ide, tetapi Anda tidak punya uang, maka Anda bisa menjual ide tersebut.

5. Ide yang baik akan bisa terus bertahan sampai lama, ini yang disebut ide yang visioner. Ketika steve Job memiliki dan menjelaskan ide tentang smartphone touchscreen, banyak orang merasa ide itu tidak baik, termasuk oleh para petinggi nokia yang pada saat itu sebagai penguasa smartphone, tetapi waktu menunjukkan, bahwa ide Steve Job sekarang menguasai dunia smartphone dan mengubah teknologi secara umum saat ini. Apa yang dilakukan oleh Steve Job adalah melihat jauh ke depan, tidak hanya kebutuhan tahun ini, tapi puluhan bahkan ratusan tahun dari saat ide itu dituangkan.


Kalau Anda sudah mempunyai ide usaha yang kuat, maka langkah berikutnya adalah bagaimana menjadikan ide tersebut menjadi produk atau jasa yang kuat dan berdaya saing tinggi.

Pasar dan kebutuhannya sangat dinamis, karena itu kebutuhan akan produk dan jasa juga bisa berubah-ubah seiring dengan perubahan pasar. Contoh: Sepuluh tahun lalu tidak banyak orang yang membeli makanan antar, tetapi sejak maraknya moda transportasi berbasis internet, maka semakin banyak orang yang mau membeli makanan dari gofood atau grabfood. Hal ini membuka peluang bagi usaha restoran atau kafe untuk menyediakan makanan antar. Bahkan membuka peluang bagi pengusaha baru untuk membuka usaha dari rumah tanpa harus membuka restoran atau kafe.

Jika Anda memiliki ide usaha, pastikan ide itu fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan perubahan pasar.

Hal berikutnya adalah packing atau bungkus dari produk Anda. Masyarakat kita adalah masyarakat visual, di mana apa yang terlihat di permukaan membawa dampak pada persepsi dan cita rasa. Banyak orang rela untuk membayar sedikit lebih mahal karena mereka suka dengan suasana kafe atau restoran tertentu. Atau kata yang sering kita dengar adalah “instagramable”.

Ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan sebelum terjun ke dunia usaha, dan beberapa hal saya rangkum di sini. Dalam artikel kali ini saya tidak akan membahasnya secara rinci tetapi saya harap saya akan membahasnya di kesempatan yang lain. Tetapi saya memberikan beberapa informasi penting yang harus dipikirkan sebelum memulai usaha.

Tujuan setiap pengusaha adalah supaya produk atau jasa yang mereka tawarkan menjadi incaran pasar. Orang-orang/konsumen akan mau menjadikan produk atau jasa Anda sebagai produk incaran kalau memenuhi syarat berikut:

1. Modern atau instagramable

2. Produk/jasa Anda menjawab kebutuhan

3. Harganya terjangkau

4. Layanan yang nyaman dan menyenangkan

Selain hal di atas, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum menciptakan atau membuat produk/jasa:

1. Siapa calon pembeli Anda? (usia, jenjang pendidikan, wilayah tinggal)

2. Jam berapa, hari apa atau kapan produk tersebut dibutuhkan orang?

3. Apa keunikan produk Anda dibandingkan dengan pesaing atau produk sejenis?

4. Bagaimana bungkus dan penyajiannya?

Sebagai kesimpulan, saya mau mengatakan bahwa, persiapan yang matang adalah kunci sukses sebuah usaha. Khususnya bagi mereka yang belum punya pengalaman usaha sama sekali, Anda perlu mempersiapkan diri dengan perencanaan usaha yang matang. Jangan sampai keinginan untuk sukses dengan investasi uang, waktu dan tenaga yang sudah dihabiskan hanya menghasilkan kerugian dan kegagalan karena kurangnya perencanaan. “Maksud hati meraih mimpi, yang terjadi menjaring angin.”


Philip G, S.E.

9 views0 comments

Recent Posts

See All